• Berita,  Bidang 3

    Dinas Lingkungan Hidup Lakukan Sampling Uji Air Sungai Tuntang Hulu Kecamatan Kebonagung

    Dalam rangka menjaga kualitas air, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak melalui Kasi Pengendalian Pencemaran Lingkungan beserta Staf melakukan pengambilan sampel air sungai pada Selasa, 28 Juli 2020 bertempat di Sungai Tuntang Hulu Kecamatan Kebonagung.

    Kegiatan pemantauan kualitas lingkungan merupakan program pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup yang meliputi ruang lingkup pengawasan, pembinaan dan pengambilan sampel. Pengambilan Sampel Air Laut ini mengacu pada Surat Perintah Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Paser Nomor : 090.1/130/SPT/DLH/III/2018. Tujuan dari kegiatan pemantauan kualitas lingkungan (sampling air laut) adalah untuk  mengetahui  kualitas  air  laut yang dipantau dibandingkan dengan baku mutu air laut sesuai dengan peruntukannya berdasarkan Kepmen LH Nomor 51 Tahun 2004 Tentang Baku Mutu Air Laut.

    Sampel air laut masing-masing  dimasukkan kedalam 2 jerigen yang berukuran 2 Liter dan botol kaca isi 150 ml (untuk uji parameter mikrobiologi). Sampel air laut tersebut telah diserahkan kepada tim pengantar sampel untuk dilakukan analisis di Laboratorium Klinik CITO Semarang.

  • Berita,  Bidang 1,  Bidang 2

    Dinas Lingkungan Hidup Lakukan Giat Sosialisasi Pendampingan Edukasi dan Penertiban di Desa Kalisari, Sayung

    Hari ini, Selasa, 28 Juli 2020 (28/07/20) didampingi oleh DINSOS P2PA, Camat Sayung, Polsek Sayung, Koramil Sayung dan Perangkat Desa Kalisari, Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pendampingan Edukasi dan Penertiban di Desa Kalisari, Kecamatan Sayung.

    Adapun kegiatan ini adalah lanjutan kegiatan pada hari kamis (23/07/20) kemarin dalam rangka menindaklanjuti Surat Gubernur Jawa Tengah Nomor : 443.5/0009625 Tanggal 8 Juli 2020 Perihal Pengendalian Pandemi Covid-19 Dan Percepatan Penanganan Kelompok Rentan Di Kabupaten/Kota dan Surat Edaran Bupati Demak Nomor : 440.1/18 Tahun 2020 tentang Pembebasan Kegiatan Masyarakat ditengah Pandemi Covid-19 di Wilayah Kabupaten Demak dalam rangka pengendalian pandemi Covid-19 dan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ditengah pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Demak.

    Pada kegiatan ini Dinas Ligkungan Hidup diwakili oleh Kasi Perencanaan dan Kajian Dampak Lingkungan, Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup beserta staf dan melaksanakan kegiatan edukasi dan pembagian masker.

    Adapun dalam kegiatan ini masyarakat yang tidak mengenakan masker yang masuk / keluar dari Desa Kalisari akan dilakukan hukuman disiplin yaitu : untuk remaja laki-laki dihukum push up sebanyak 5 kali dan untuk bapak-bapak atau ibu-ibu membaca surat Al-Ikhlas atau istighfar 3 kali.

    Hal ini dilakukan agar masyarakat menaati Surat Edaran Bupati untuk menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah dengan tujuan untuk menekan angka penyebaran COVID-19 di Kabupaten Demak.

  • Berita,  Bidang 2

    Dinas Lingkungan Hidup Lakukan Koordinasi dengan Bagian Organisasi

    Pada hari ini, Selasa 28 Juli 2020 (28/07/20) bertempat di Ruang Rapat Bagian Organisasi Setda, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dan Peningkatan Kapasitas melaksanakan koordinasi dengan bagian organisasi terkait draft Perbup SOTK Dinas Lingkungan Hidup Tahun 2020 dan draft Perbup TPA Berahan Kulon.