• Berita,  Bidang 1

    Pengawasan di PT. GLORY INDUSTRIAL

    Agar terjamin pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup sebagaimana diatur dalam undang – undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingungan Hidup dalam upaya pelaksanaan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan, maka diperlukan upaya pengendalian yang bijak dalam pemanfaatan dan/atau eksploitasi sumber daya alam yang dimiliki oleh suatu daerah atau negara, baik itu berupa sumber daya alam tambang, pariwisata, serta kegiatan-kegiatan lain yang berpotensi menghasilkan pencemaran lingkungan.

    Pada hari ini Kamis, 27 Februari 2020 (27/02/20) Satgas Pengawasan Lingkungan Hidup, Kasi Pengaduan & Penegakan Hukum Lingkungan beserta staf dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak didampingi perwakilan dari PT. GLORY INDUSTRIAL melaksanakan Pengawasan Lingkungan Hidup di PT. GLORY INDUSTRIAL, Jl. Raya Semarang-Demak Km. 18 Desa Dukun Kec. Karang Tengah Kab. Demak.

    Kegiatan ini dilaksanakan untuk memverifikasi data dokumen lingkungan dan informasi berupa fakta yang menggambarkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup di kegiatan usaha terhadap ketentuan perundang-undangan di bidang lingkungan hidup serta perizinan yang terkait maupun dokumen lingkungan.

  • Berita,  Bidang 1

    Pemeriksaan Permohonan Sertifikat P-IRT di Liz Kitchen

    Berdasarkan surat dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Demak Nomor : 005/80/11/2020 Perihal Undangan tertanggal 24 Februari 2020 pada selasa 25 Februari 2020 (25/02/20) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak beserta tenaga teknis melaksanakan Pemeriksaan Permohonan Sertifikat P-IRT di Liz Kitchen (Jl. Pucang Adi Raya No. 23 – 84 pucang Gading Batursari, Mranggen)

    Adapun saran dan masukan dari pelaksanaan Pemeriksaan Permohonan Sertifikat P-IRT di Liz Kitchen yang telah dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak adalah sebagai berikut :

    • Penanggung Jawab Usaha harus mengelola air bekas cucian dari kegiatan Home Industry sebelum masuk kesaluran pembuangan berupa Ipal sederhana penyaringan minyak dan lemak (grease trap).
    • Menggunakan model kemasan yang dapat digunakan kembali untuk meminimalisir kemasan bahan baku dan atau bahan jadi.
    • Pengelolaan limbah plastik agar terkemas dan terakomodir di bank sampah sekitar.
    • potensi sampah organik udara agar diolah bisa menjadi pupuk organik.
    • Memperbaiki cerobong udara agar saat alat oven kue maupun komper serta jenis pemanas lainnya dinayalakan agar panas yang ditimbulkan terakomodir dengan baik hingga dapat menjaga suhu dan kelembapan dapur atau ruang produksi.
  • Berita,  Bidang 1,  Bidang 3

    Verifikasi Lapangan Terkait Ajuan Rekomendasi Izin Pembuangan Air Limbah Domestik PT. Lucky Textile

    Air merupakan sumber daya alam untuk memenuhi hajat orang banyak sehingga perlu dilestarikan kemampuannya agar tetap bermanfaat bagi kehidupan manusia serta mahluk hidup lainnya. Dan dalam rangka itulah perlu kiranya dilakukan pengendalian beban limbah yang masuk ke perairan/badan air melalui perizinan membuang limbah cair.

    Pada hari rabu, 19 Februari 2020 (19/02/20) pejabat pengawas lingkungan hidup (PPLH) didampingi Kasi Pengendalian Pencemaran Lingkungan beserta staf dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak melaksanakan Verifikasi Lapangan Terkait Ajuan Rekomendasi Izin Pembuangan Air Limbah Domestik di PT. Lucky Textile Semarang, Karangrejo, Demak.

    Verifikasi Lapangan di PT. Lucky Textile Semarang, Karangrejo, Demak bertujuan untuk mengurangi beban pencemaran agar badan air atau sumber air tidak tercemar dan dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan sesuai dengan peruntukannya.