• Berita,  Bidang 2

    Pengumpulan Limbah Covid di Titik Kumpul RSUD Sunan Kalijaga Demak

    Hari ini Kamis, 28 Mei 2020 (28/05/20) Kasi Pengawasan Limbah B3 menyerahkan limbah potensi COVID-19 (masker dan hand gloves) di Titik Kumpul yaitu RSUD Sunan Kalijaga Demak.

    Adapun limbah potensi COVID-19 (masker dan hand gloves) didapat dari wisma karantina dan Puskesmas di Kabupaten Demak. Upaya ini dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak dalam rangka mendukung Pemkab Demak dalam menanggulangi dan mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah Kabupaten Dema.

    Selain RSUD Sunan Kalijaga, ada RSPA Mranggen sebagai tempat pengumpulan limbah potensi COVID-19 di Kabupaten Demak.

    Adapun nantinya limbah potensi COVID-19 akan diambil oleh pengolah limbah B3 yang berizin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK) yang telah ditunjuk oleh Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah.

  • Berita,  Bidang 1,  Bidang 2,  Bidang 3

    Halal Bihalal Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak

    Halal bi halal sudah menjadi tradisi di Indonesia. Walaupun kata halal bi halal merupakan kata dari Bahasa Arab, namun orang Arab tidak akan mengerti maknanya karena halal bi halal ini hanya ada di Indonesia dan merupakan kreasi sendiri orang Indonesia.

    Makna halal bi halal bertujuan untuk menciptakan keharmonisan antar sesama manusia terutama para pegawai dan para kepala atau ketua di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak.

    Makna halal bi halal yaitu silaturahmi dan saling memaafkan. Seperti yang telah dilakukan keluarga besar Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak pada hari Senin tanggal 26 Mei 2020, halal bi halal kegiatan silaturahmi ini sering dilakukan di Dinas Lingkungan Hidup setiap hari pertama masuk setelah Hari Raya Idul Fitri.

    Namun ada yang berbeda pada kegiatan Halal Bi Halal kali ini yaitu tidak bersalaman. Hal ini dikarenakan pada saat ini kita sedang dihadapkan pandemi COVID-19 yang sudah banyak memakan korban.

  • Berita,  Bidang 2

    Verifikasi Lapangan Izin TPLB3 Klinik Hamzah

    Dalam melakukan penanganan terhadap limbah, penting untuk diketahui bahwa ada jenis-jenis limbah yang ternyata sangat mengancam lingkungan dan kesehatan manusia. Jenis limbah tersebut kerap disebut dengan istilah limbah B3.

    Kata B3 merupakan akronim dari bahan beracun dan berbahaya. Oleh karena itu, pengertian limbah B3 dapat diartikan sebagai suatu buangan atau limbah yang sifat dan konsentrasinya mengandung zat yang beracun dan berbahaya sehingga secara langsung maupun tidak langsung dapat merusak lingkungan, mengganggu kesehatan, dan mengancam kelangsungan hidup manusia serta organisme lainnya.

    Bertempat di Klinik Hamzah, Donorejo Kecamatan Karangtengah, Kasi Pengawasan Limbah B3 (Kuswati, SKM, M.Kes) dan Staf dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak melakukan verifikasi lapangan terkait izin TPLB3 pada hari Rabu (20/05/20). Pada tahapan verifikasi ini TPS limbah B3 meliputi bangunan, sarana, penempatan limbah B3 sesuai dengan jenis dan karakteristiknya. Diharapkan Penyimpanan Limbah B3 adalah “ Mencegah terlepasnya limbah B3 ke lingkungan sehingga potensi bahaya terhadap manusia & lingkungan dapat dihindarkan ”.