• Berita,  Bidang 1,  Bidang 2,  Bidang 3

    Halal Bihalal Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak

    Halal bi halal sudah menjadi tradisi di Indonesia. Walaupun kata halal bi halal merupakan kata dari Bahasa Arab, namun orang Arab tidak akan mengerti maknanya karena halal bi halal ini hanya ada di Indonesia dan merupakan kreasi sendiri orang Indonesia.

    Makna halal bi halal bertujuan untuk menciptakan keharmonisan antar sesama manusia terutama para pegawai dan para kepala atau ketua di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak.

    Makna halal bi halal yaitu silaturahmi dan saling memaafkan. Seperti yang telah dilakukan keluarga besar Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak pada hari Senin tanggal 26 Mei 2020, halal bi halal kegiatan silaturahmi ini sering dilakukan di Dinas Lingkungan Hidup setiap hari pertama masuk setelah Hari Raya Idul Fitri.

    Namun ada yang berbeda pada kegiatan Halal Bi Halal kali ini yaitu tidak bersalaman. Hal ini dikarenakan pada saat ini kita sedang dihadapkan pandemi COVID-19 yang sudah banyak memakan korban.

  • Berita,  Bidang 1,  Bidang 2,  Bidang 3

    Kerja Bakti Jum’at Bersih Dinas Lingkungan Hidup

    Jumat, 08 Mei 2020 (08/05/20) dalam suasana Ramadhan segenap unsur Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak bergotong royong melaksanakan kerja bakti dalam agenda jumat bersih. Kerja bakti ini diikuti mulai dari Kepala Dinas, Sekretaris Dinas, para Kepala Bidang, Kasi, Kasubag dan pegawai honorer Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak.

    Kerja bakti ini dilaksanakan di Taman Kali Tuntang Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak. Kerja bakti kali ini melibatkan satu unit mobil box untuk mengangkut sampah kerja bakti kali ini.

    Kegiatan kerja bakti ini dilaksanakan dalam rangka menjaga lingkungan taman Kali Tuntang bagian Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak agar senantiasa terlihat rapih dan bersih sehingga akan nampak nyaman dan indah.

  • Berita,  Bidang 3

    Sosialisasi Lomba Kampung Juara

    Pada hari ini Kamis, 30 April 2020 (30/04/20) Kasi Pengendalian Kerusakan Lingkungan Hidup menghadiri Sosialisasi Lomba Kampung Juara yang dilaksanakan di Bappeda Kabupaten Demak. Adapun pada sosialisasi ini mengangkat tema Lomba Kampung Juara Menuju Demak Bebas Kumuh 2020.

    Adapun latar belakang Lomba Kampung Juara ini adalah sebagai berikut :

    • Permukiman kumuh tidak hanya permasalahan tidak layaknya sarana dan prasarana yang ada, tetapi perilaku masyarakat yang tinggal didalamnya juga sangat berpengaruh.
    • Lomba merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan semangat  kebersamaan  dan kebanggaan terhadap lingkungan permukimannya.
    • Kebanggaan terhadap lingkungannya, akan mendorong masyarakat nya untuk terus merawat dan mengembangkan lingkungan permukimannya.
    • Perlunya mendorong kegiatan penanganan kumuh menjadi gerakan yang semakin luas di masyarakat dan Pemerintah.
    • Membangun lebih mudah daripada merawat apalagi mengembangkannya, sehingga perlu ada upaya untuk memotivasi  perawatan dan pengembangan lingkungan permukiman.

    Sedangkan tujuan dilaksanakan Lomba Kampung Juara ini adalah sebagai berikut :

    • Kegiatan tahunan bagi pegiat pemukiman
    • Menjadi panggung keberlanjutan bagi kampung-kampung yang sudah dilakukan penanganan kumuh.
    • Munculnya kampung-kampung impian baru dari program/pendanaan yang lain atau swadaya masyarakat.
    • Merubah wajah kota dan menjadi salah satu upaya meraih ADIPURA. Mempersiapkan PEMDA untuk mengikuti Lomba Hari Habitat di Propinsi Jateng.

    Adapun untuk kriteria, syarat peserta, dan cara pendaftaran dapat di unduh di sini : https://drive.google.com/drive/folders/10KiTxTndMKUj68DsblTxU72l4b2mgL6C?usp=sharing