• Berita,  Bidang 2

    Penyerahan Bantuan Komposter dan Mesin Pemotong Rumput pada Desa Stunting Desa Donorejo Kecamatan Demak

    Stunting adalah kondisi gagal tumbuh yang dialami oleh balita, sebagai konsekwensi dari kekurangan gizi kronis yang dialami sejak berada dalam kandungan, sampai pada 1.000 hari pertama kehidupan. Dampak nonfisik dari balita stunting adalah intelektual atau kemampuan berpikir yang tidak bisa tumbuh akibat jumlah sel yang terbentuk pada otaknya tidak optimal. Ketika beranjak dewasa, balita yang mengalami stunting akan rentan terhadap penyakit dan kurang berprestasi di sekolah.

    Kondisi inilah yang mendorong Pemerintah Kabupaten Demak melaksanakan pencegahan desa stunting dengan cara Menyerahkan Bantuan Komposter dan Mesin Pemotong Rumput di 10 Desa di Kabupaten Demak dan tepat pada hari selasa tanggal 07 Januari 2020 melaksanakan Bantuan Komposter dan Mesin Pemotong Rumput pada Desa Stunting Desa Donorejo Kecamatan Demak.

    Dengan adanya kerjasama antara desa dengan Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Demak ini diharapkan dapat menekan angka stunting di Indonesia terutama di Kabupaten Demak.

  • Berita,  Bidang 2

    Verifikasi Lapangan Tindak Lanjut dari DLHK Prov. Jateng di PT. Delta Dunia Sandang Textile

    Dalam melakukan penanganan terhadap limbah, penting untuk diketahui bahwa ada jenis-jenis limbah yang ternyata sangat mengancam lingkungan dan kesehatan manusia. Jenis limbah tersebut kerap disebut dengan istilah limbah B3.

    Kata B3 merupakan akronim dari bahan beracun dan berbahaya. Oleh karena itu, pengertian limbah B3 dapat diartikan sebagai suatu buangan atau limbah yang sifat dan konsentrasinya mengandung zat yang beracun dan berbahaya sehingga secara langsung maupun tidak langsung dapat merusak lingkungan, mengganggu kesehatan, dan mengancam kelangsungan hidup manusia serta organisme lainnya.

    Pada selasa tanggal 7 Januari 2020 Kasi Pengawasan Limbah B3, Kasi Pemeliharaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, Kasi Pengendalian Kerusakan Lingkungan beserta staf Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak melaksanakan Tindak lanjut dari DLHK Prov. Jateng di PT. Delta Dunia Sandang Textile.

    Pada verifikasi lapangan kali ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak melakukan supervisi ke PT. Delta dalam rangka pengawasan limbah cair domestik dan limbah B3.

  • Berita,  Bidang 2

    Verifikasi lapangan Izin TPLB3 PT. Lucky Textile Semarang

    Bertempat di PT. Lucky Textile Semarang Kalikondang, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Kasi Pengawasan Limbah B3 (Kuswati, SKM, M.Kes) dan Staf dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak melakukan verifikasi lapangan terkait izin TPLB3, Selasa (07/01/20).

    PT. Lucky Textile Semarang Kalikondang, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak yang beralamat di Jl. Sultan Trenggono No.79, Kaligondang, Kalikondang, Kec. Demak, Kabupaten Demak, merupakan produsen bidang industri garment.

    Adapun tujuan verifikasi teknis ke lapangan dilakukan dengan melihat aspek teknis bangunan TPS Limbah B3 sesuai dengan peraturan yang berlaku menuju usaha dan/atau kegiatan yang taat terhadap peraturan di bidang lingkungan hidup untuk peningkatan kualitas lingkungan hidup.