• Berita,  Bidang 3

    Survey Bibit Tanaman di Pemali, Jratun, Jepara

    Kewajiban menjaga lingkungan hidup walaupun dilakukan dengan cara kecil dan sederhana merupakan pembelajaran dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Demak. Cara yang paling mudah dilakukan masyarakat untuk menjaga lingkungan dari kerusakan adalah dengan menanam pohon dan tamanan lain walauapun tanaman tersebut hanya cabai.

    Hal tersebut yang mendasari Kasi Pengendalian Kerusakan Lingkungan dan Kasi Pemeliharaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup beserta staf melaksanakan survey bibit tanaman pada hari kamis (09/01/20) di Pemali, Jratun, Jepara yang berguna untuk dapat diaplikasikan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak terutama di Workshop.

    Selain untuk menjaga lingkungan, survey bibit tanaman tersebut dilaksanakan pula karena beberapa hal antara lain :

    • Permintaan bibit tanaman meningkat sehingga Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak perlu membuat kegiatan pembibitan tersendiri.
    • Untuk penyelamatan berbagai jenis keanekaragaman hayati
    • Sebagai laboratorium keanekaragaman hayati di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak

    Sedangkan alasan pemilihan lokasi di Pemali, Jratun, Jepara adalah karena di Pemali, Jratun, Jepara dekat dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jepara yang juga mempunyai ciri ekosistem tanaman yang tidak jauh berbeda dengan kondisi geografis Demak.

  • Berita,  Bidang 1

    Visit Klinik SKN Ds. Bolo Kec. Demak Jl. Raya Demak-Kudus KM. 5

    Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL) adalah Dokumen Lingkungan Hidup (DLH) berupa surat yang menyatakan kesanggupan pelaku usaha untuk mengelola dan memantau dampak lingkungan hidup dari kegiatan usahanya.

    SPPL ini merupakan jenis DLH yang paling sederhana dan paling sesuai bagi pelaku UKM pada umumnya, khususnya jika kegiatan usaha yang dikerjakan termasuk yang tidak wajib memiliki UKL-UPL atau AMDAL.

    Dokumen SPPL merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan Izin Teknis tertentu seperti Izin Usaha Industri (IUI) dan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP).

    Bertempat di Klinik SKN atau Klinik Soekarno pada hari kamis (09/01/20) Kasi Pengaduan & Penegakan Hukum Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup di bantu oleh beberapa Tim dari DINPMPTSP dan Dinkes Kabupaten Demak melakukan visitasi terkait izin Rekomendasi SPPL.

    Visitasi kali ini merupakan tahapan lanjutan dari beberapa tahapan diantaranya :

    • Pemrakarsa mengajukan permohonan rekomendasi Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan (SPPL)
    • Pemeriksaan dokumen dan persyaratan
    • Verifikasi kelengkapan dokumen
    • Pemeriksaan administrasi dan teknis dokumen SPPL

    Adapun tujuan dari SPPL adalah untuk memberikan perlindungan terhadap lingkungan hidup yang lestari dan berkelanjutan, meningkatkan upaya pengendalian Usaha dan/atau Kegiatan yang berdampak negatif pada lingkungan hidup, memberikan kejelasan prosedur, mekanisme dan koordinasi antar instansi dalam penyelenggaraan perizinan untuk Usaha dan/atau Kegiatan, dan memberikan kepastian hukum dalam Usaha dan/atau Kegiatan.

  • Berita,  Bidang 2

    Rapat Koordinasi Rencana Grebeg Sampah

    Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah didefinisikan oleh manusia menurut derajat keterpakaiannya, dalam proses-proses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung. Akan tetapi karena dalam kehidupan manusia didefinisikan konsep lingkungan maka sampah dapat dibagi menurut jenis-jenisnya.

    Bertempat di Ruang Pertemuan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak pada kamis (09/01/20) dilaksanakan Rapat Koordinasi Rencana Grebeg Sampah pada pukul 09:00 WIB.

    Pada kegiatan Rapat Koordinasi Rencana Grebeg Sampah ini dibuka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak dan dihadiri oleh beberapa perwakilan Dinas, Forum Demak Hijau, Perwakilan PKK dan masih banyak lagi. Pada kegiatan Rapat Koordinasi Rencana Grebeg Sampah ini juga sudah diputuskan tempat pelaksanaan yaitu di Pendopo Kabupaten Demak namun belum ditentukan waktu pelaksanaannya dan baru dibentuk panitia pelaksanaan kegiatan Grebeg Sampah.