• Berita,  Bidang 2

    Rapat Koordinasi Penilaian Calon Sekolah Adiwiyata Tahun 2020

    Dalam rangka pelaksanaan Program Adiwiyata Tahun 2020 di Kabupaten Demak dan Persiapan Menuju Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak melaksanakan Rapat Koordinasi Penilaian Calon Sekolah Adiwiyata Tahun 2020 di Ruang Pertemuan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak pada hari senin tanggal (22/01/20).

    Adapun pada kegiatan Rapat Koordinasi Penilaian Calon Sekolah Adiwiyata Tahun 2020 ini dibuka oleh Sekretaris Dinas dan Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3, dan Peningkatan Kapasitas. Selain itu dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak juga dihadiri oleh Kasi Peningkatan Kapasitas, Pejabat Fungsional serta Staf. Selain itu dari OPD lain juga dihadiri oleh : Kasi Pembinaan Sekolah Dasar (DINDIKBUD), Kasi Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (DINDIKBUD), Kasi Pendidikan Madrasah (KEMENAG), Koordinator Pengawas Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (DINDIKBUD), dan Kepala Sub Bagian Dokumentasi dan Publikasi pada Bagian HUMAS SETDA.

    Adapaun pada Rapat Koordinasi Penilaian Calon Sekolah Adiwiyata Tahun 2020 tujuannya, guna menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah agar menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah untuk ikut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan

  • Berita

    Persiapan Pemeringkatan Dilakukan PPID Demak

    Dinas Komunikasi dan Informatika Demak mengundang admin PPID yang ada disetiap OPD. Bertempat diaula rapat,Selasa (21/1) dilaksanakan Rapat kordinasi evaluasi serta persiapan pemeringkatan oleh Komisi Informasi jawa tengah tahun ini. Rakor yang dibuka oleh PPID oleh kepala Dinas Kominfo Demak Endah Cahyarini dihadiri 42 undangan.

    Dalam pembukaanya Endah menyampaikan agar dalam melaksanakan tugas selalu kedepankan kordinasi,komunikasi, konsultasi dengan pimpinan OPD masing-masing maupun mitra kerja. Target yang harus di capai oleh PPID tahun ini agar bisa terwujud sebagai kabupaten informatif dijawa tengah. Sebab untuk saat ini kabupaten demak berada di posisi 10 besar dengan predikat Menuju Informatif

    Sementara ketua PPID Utama Demak Agus pramono menyampaikan materi tentang langkah-langkah dalam pencapaian demak sebagai kabupaten informatif. “Selain itu tujuan utama penyelenggaraan ini guna melengkapi isi konten website pada menu PPID sesuai yang diharapkan oleh KI ” jelas Agus. (http://dinkominfo.demakkab.go.id/index.php/2020/01/21/persiapan-pemeringkatan-dilakukan-ppid-demak/)

  • Berita,  Bidang 3

    Upaya Menjaga Ekosistem dan Biota Laut Demak Menanam 10.000 Bibit Mangrove

    Dinas Lingkungan Hidup yang diwakili langsung oleh Kepala Dinas beserta Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan LH, Kasi Pengendalian Kerusakan Lingkungan dan beberapa staf mengikuti kegiatan 10.000 bibit mangrove ditanam di dukuh Bogorame Desa Timbulsloko Sayung, Selasa (21/1). Penanaman bibit mangrove dilakukan bertujuan sebagai langkah melestarikan lingkungan dan biota laut. Sebab selama ini banyak penebangan pohon mangrove yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Adapun pelaksanaannya dengan menggunakan perahu nelayan para relawan dan peserta menceburkan diri ke laut untuk menanam bibit mangrove.

    Selain dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak aksi ini juga dihadiri Beberapa OPD dan terlibat secara langsung dalam penanaman bibit mangrove. Meliputi BAPEDA Prov. Jateng, BPBD Prov. Jateng, Dinas Pertanian dan Perkebunan Prov. Jateng, Dinas Ketahanan Pangan Prov. Jateng, Dinas ESDM Prov. Jateng, Dinas PANTARU Prov. Jateng, Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Jateng, Biro SDA Prov. Jateng, Biro APDP Prov. Jateng, Perwakilan BPBD Kab. Demak, Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Demak, BPDASHL Pamali Jratun, Camat Sayung, Anggota TNI Kor7amil Sayung, Kapolsek Sayung beserta anggota, Kades Timbulsloko ,para relawan dan masyarakat Timbulsloko.

    “Penanaman bibit mangrove ini untuk melestarikan lingkungan dan biota laut agar tidak punah, sehingga nelayan dapat menangkap ikan di sekitar pantai Sayung”, ungkap Danramil 11/Sayung Kapten Inf Suyitno.
    Selain itu, tujuan Gerakan Penanaman Mangrove ini juga dalam rangka upaya pemulihan ekosistem mangrove dan memperbaiki abrasi air laut yang ada di wilayah pesisir jawa tengah khususnya di wilayah Kecamatan Sayung karena di wilayah Kecamatan Sayung sendiri sangat memprihatinkan kondisi lingkungan dan masyarakatnya akibat terjangan air rob, pungkas Danramil. (http://dinkominfo.demakkab.go.id/index.php/2020/01/21/upaya-menjaga-ekosistem-dan-biota-laut-demak-menanam-10-000-bibit-mangrove/)