• Berita,  Bidang 2

    Sosialisasi Program Adiwiyata

    Kamis, 6 februari 2020 (06/02/20) bertempat di Grhadika Bina Praja Kabupaten Demak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak mengadakan Sosialisasi Program Adiwiyata.

    Adapun dasar pelaksanaannya sekolah adiwiyata yaitu PERMENLHK/P.52/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah dan PERMENLHK P.53/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 tentang Penghargaan Adiwiyata.

    Selanjutnya dijelaskan kriteria sekolah adiwiyata terdiri dari perencanaan gerakan PBLHS (20%), pelaksanaan gerakan PBLHS (60%), serta pemantauan & evaluasi pelaksanaan gerakan PBLHS (20%).

    Adapun penetapan sebagai sekolah adiwiyata berlaku untuk jangka waktu 4 tahun. Untuk sekolah adiwiyata provinsi Jawa tengah yang belum ditetapkan/belum lolos sebagai sekolah adiwiyata nasional :

    1. Penetapan Sebagai Sekolah Adiwiyata Berlaku Untuk Jangka Waktu 4 Tahun. Untuk Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Tengah yang yang belum ditetapkan/ belum lolos sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional:
    2. Jika telah ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Tengah Tahun 2016 – 2019, maka dianggap sebagai Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019.
    3. Jika telah ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Tengah sebelum tahun 2016, maka diwajibkan mengikuti pengusulan Calon Sekolah Adiwiyata Provinsi (CSAP) Jawa Tengah tahun 2020.

    Pengajuan usulan untuk Adiwiyata tingkat Provinsi paling lambat diajukan pada tanggal 28 Februari 2020 melalui Aplikasi Kuesioner Online yang dapat diunduh pada bit.ly/csaprovjateng2020 atau dapat di klik pada tab menu Sekolah Adiwiyata

    Pada tahun 2020, ada 8 sekolah Sekolah Adiwiyata yang kewenangan pengelolaan pendidikannya ada di Kabupaten Demak (SD, SMP, dan bentuk lain yang sederajat) yang akan mengajukan usulan Sekolah Adiwiyata untuk tingkat yang lebih tinggi, antara lain:

    • CSAM diajukan oleh SMPN 2 Demak dan MIN 6 Demak.
    • CSAN diajukan oleh SMPN 1 Mijen dan SDN Wonorejo 2.
    • CSAP diajukan oleh SMPN 5 Demak, SMPN 3 Demak, MIN 1 Demak, dan MIN 2 Demak.

    Adapun kegiatan Sosialisasi Program Adiwiyata dihadiri oleh 80 Orang dan diantara OPD yang diundang yaitu : DINDIKBUD, DKK, DLH, KEMENAG, Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, DLHK Prov. Jateng, Perwakilan Sekolah Adiwiyata Kabupaten Demak.