• Berita,  Bidang 2

    Grebeg Sampah, Komitmen Bersama Tanggulangi Sampah

    Berawal dari keprihatinan yang mendalam atas kondisi sampah di Kabupaten Demak , Pemkab Demak melalui Dinas menggelar Grand Launching Gerakan Resik Resik Bebarengan Garap Sampah (GREBEG SAMPAH) di pendopo kabupaten demak, Rabu, (12/02/20).

    Acara ini untuk Mensosialisasikan intruksi bupati Demak Nomor 3 tahun 2019 tanggal 5 Desember 2019 tentang pengelolaan sampah di Desa. Hadir secara langsung Bupati Demak , HM Natsir dan Wabup Drs. Joko Sutanto serta Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak.
    Dalam sambutannya, Bupati Demak, HM Natsir menghimbau kepada seluruh kepala desa untuk membuat peraturan desa tentang pengelolaan sampah. “Paling lambat pertengahan tahun ini sudah ada perdes tentang pengelolaan sampah, sehingga pada tahun 2021 bisa langsung ditindaklanjuti dengan melaksanakan program pemberdayaan masyarakat yang dimana outputnya adalah pengelolaan sampah”.

    HM Natsir pun berharap agar grebeg sampah tidak hanya menjadi sebuah ceremonial belaka. Namun ditindaklanjuti dengan perubahan pola pikir dan sikap, utamanya dalam pengelolaan sampah. “Harus ada perubahan pola pikir dan sikap. Ayo dukung pemerintah kabupaten demak menuju Demak yang bersih dan Sehat. Mari pertahankan komitmen kita. Pungut, pilah, olah. Sampahku Tanggungjawabku”, terangnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak, Bp. Drs. Agus Musyafak, M.Si mengatakan GREBEG SAMPAH atau Gerakan Resik Resik Bebarengan Garap Sampah Kanti Paripurno Ning Deso adalah suatu gerakan moral aksi bersama, serempak, dalam kegiatan bersih-bersih, berbenah, menggarap sampah secara paripurna di desa. Gerakan ini merupakan awal dari gerakan pengelolaan sampah secara paripurna yang menjadi sasaran utama adalah perubahan perilaku warga desa akan kesadaran hidup bersih dan sehat.

    Tujuan diadakan acara ini diharapkan adanya Perubahan paradigma dalam mengelola sampah rumah tangga menuju paradigma 3R (reduce, reuse, recyle) melalui kaidah perilaku hidup bersih, sehat, dan pengelolaan sampah yang diatur di tingkat desa melalui peraturan desa atau di perdeskan:”, pungkasnya.

  • Berita

    Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020 Kabupaten Demak

    Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Demak menggelar Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020 di Gedung Grhadika Bina Praja, Kamis (13/2). Acara tersebut dihadiri Bupati Demak, HM. Natsir, Wakil Bupati Demak, Jajaran Forkopimda Kabupaten Demak, Para Kepala OPD, serta Camat se Kabupaten Demak.

    Bupati Demak HM. Natsir mengatakan Sensus penduduk yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali memiliki tujuan yang sangat strategis yaitu menghasilkan data dasar kependudukan yang sangat bermanfaat bagi perencanaan pembangunan. Maka dari itu, ia meminta peran aktif seluruh komponen masyarakat guna mensukseskan sensus penduduk 2020.

    “Keterlibatan seluruh komponen merupakan point penting kesuksesan sensus. Maka, saya minta seluruh hadirin bisa mensupport. Terutama saat sensus online pada 15 Februari hingga 31 Maret.”, tutur Bupati.
    Hal senada disampaikan Kepala BPS Kabupaten Demak, Sapto Harjuli Wahyu, S.Si. Ia meminta dukungan masyarakat Demak agar sensus penduduk 2020 bisa berjalan lancar dan sukses.

    “Saya berharap seluruh warga Demak berperan aktif dalam Sensus Penduduk 2020. Harapan saya, petugas sensus kami bisa diterima dengan baik. Masyarakat bisa memberikan data kependudukan dengan sebenarnya.”, tuturnya

    Sapto Harjuli Wahyu, S.Si. mengatakan sensus penduduk dilakukan berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 tahun 1997 tentang Statistik, serta Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik. Sensus penduduk 2020 merupakan penyelenggaraan kegiatan pendataan lengkap seluruh Indonesia yang ke tujuh sejak tahun 1961 yang bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, persebaran, dan karakteristik penduduk Indonesia, sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah.

    Dalam pelaksanaannya sensus penduduk 2020 dilaksanakan dua periode. Yakni Sensus online melalui website sensus.bps.go.id pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020, serta sensus wawancara pada Juli 2020. Adapun tujuan utama dari menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju satu data kependudukan Indonesia, serta guna menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk. (Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Demak)