• Berita

    Pengawasan di PT Bahana Buana Box

    Selasa, 25 Februari 2020 (25/02/20) bertempat di PT. Bahana Buana Box Satgas Pengawasan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak beserta staf didampingi perwakilan dari PT. Bahana Buana Box melaksanakan Pengawasan Lingkungan Hidup di PT. Bahana Buana Box, Jalan Raya Semarang-Demak KM. 16, Batu, Karang Tengah, Batu Tempel, Batu, Kec. Karangtengah, Kabupaten Demak.

    Kegiatan ini dilaksanakan untuk memverifikasi data dokumen lingkungan dan informasi berupa fakta yang menggambarkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup di kegiatan usaha terhadap ketentuan perundang-undangan di bidang lingkungan hidup serta perizinan yang terkait maupun dokumen lingkungan.

  • Berita

    Pentingnya Penilaian Ekonomis Kerusakan dan Kerugian Pasca Bencana

    Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Demak menggelar kegiatan Pelatihan tekhnis kerusakan dan kerugian akibat bencana di Ballroom Hotel Amantis Selama dua hari 24-25 Februari 2020 (24-25/02/20).
    Acara yang dibuka oleh Wakil bupati Djoko Sutanto diikuti 60 peserta dari OPD, Relawan, dan perangkat desa. Turut Hadir sebagai nara sumber Dandim 0716 Demak. Letkol M. Ufiz, Polres Demak, BPBD prop jateng dan kepala BPBD Demak Agus Nugroho LP.

    Saat menyampaikan materinya Dandim M .Ufiz mengatakan, ” dalam penanganan bencana hendaknya tidak hanya berkoirdinasi dilingkungan pemkab saja, namun harus mampu bersinergi dengan pihak lain atau lintas sektoral dengan melibatkan pihak swasta”. Selanjutnya Dandim menambahkan, TNI dari kodim siap membantu dan menjadi relawan BPBD Demak dalam situasi bencana.

    Sementara Armin Nugroho, nara sumber dari BPBD prop jateng menyampaikan, ” pentingnya penilaian ekonomis kerusakan dan kerugian pasca bencana, sebab sebagai bukti dokumentasi atas bencana yang telah terjadi , kemudian sebagai data informasi stekholder / masyarakat yang rentan terhadap bencana. Selain itu juga memberikan manfaat yang didapat dari kegiatan mitigasi dan reduksi” jelasnya.( kominfo)

  • Berita,  Bidang 1

    Pemeriksaan Permohonan Sertifikat P-IRT di Liz Kitchen

    Berdasarkan surat dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Demak Nomor : 005/80/11/2020 Perihal Undangan tertanggal 24 Februari 2020 pada selasa 25 Februari 2020 (25/02/20) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak beserta tenaga teknis melaksanakan Pemeriksaan Permohonan Sertifikat P-IRT di Liz Kitchen (Jl. Pucang Adi Raya No. 23 – 84 pucang Gading Batursari, Mranggen)

    Adapun saran dan masukan dari pelaksanaan Pemeriksaan Permohonan Sertifikat P-IRT di Liz Kitchen yang telah dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak adalah sebagai berikut :

    • Penanggung Jawab Usaha harus mengelola air bekas cucian dari kegiatan Home Industry sebelum masuk kesaluran pembuangan berupa Ipal sederhana penyaringan minyak dan lemak (grease trap).
    • Menggunakan model kemasan yang dapat digunakan kembali untuk meminimalisir kemasan bahan baku dan atau bahan jadi.
    • Pengelolaan limbah plastik agar terkemas dan terakomodir di bank sampah sekitar.
    • potensi sampah organik udara agar diolah bisa menjadi pupuk organik.
    • Memperbaiki cerobong udara agar saat alat oven kue maupun komper serta jenis pemanas lainnya dinayalakan agar panas yang ditimbulkan terakomodir dengan baik hingga dapat menjaga suhu dan kelembapan dapur atau ruang produksi.