• Berita,  Bidang 2

    Verifikasi Lapangan Izin TPLB3 Puskesmas Bonang 1

    Dalam melakukan penanganan terhadap limbah, penting untuk diketahui bahwa ada jenis-jenis limbah yang ternyata sangat mengancam lingkungan dan kesehatan manusia. Jenis limbah tersebut kerap disebut dengan istilah limbah B3.

    Kata B3 merupakan akronim dari bahan beracun dan berbahaya. Oleh karena itu, pengertian limbah B3 dapat diartikan sebagai suatu buangan atau limbah yang sifat dan konsentrasinya mengandung zat yang beracun dan berbahaya sehingga secara langsung maupun tidak langsung dapat merusak lingkungan, mengganggu kesehatan, dan mengancam kelangsungan hidup manusia serta organisme lainnya.

    Bertempat di Puskesmas Bonang 1, Kasi Pengawasan Limbah B3 (Kuswati, SKM, M.Kes) dan Staf dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak melakukan verifikasi lapangan terkait izin TPLB3 pada Selasa (31/03/20). Pada tahapan verifikasi ini TPS limbah B3 meliputi bangunan, sarana, penempatan limbah B3 sesuai dengan jenis dan karakteristiknya. Diharapkan Penyimpanan Limbah B3 adalah “ Mencegah terlepasnya limbah B3 ke lingkungan sehingga potensi bahaya terhadap manusia & lingkungan dapat dihindarkan ”.

  • Berita

    Bupati dan Forkopimda Lepas Pasukan Penyemprotan Masal

    Tim gugus tugas Covid-19 Demak bertekad membasmi penyebaran virus corona di wilayah Demak. Selaras dengan instruksi Kapolri kepada Kapolres se-Indonesia untuk melakukan Penyemprotan Disinfektan Massal, Pemkab bersinergi dengan Polres Demak mengadakan aksi penyemprotan disinfektan. Apel gelar pasukan, Selasa (31/3) dilaksanakan di halaman setda, bertindak sebagai pembina apel Bupati HM. Natsir. Turut hadir unsur Forkopimda, kapolres AKBP. Fidelis Purna Timuranto, Dandim 0716 Letkol M. Ufiz, Kajari, Ketua PN, Wakil Bupati dan Sekda Demak

    Gelar pasukan melibatkan anggota Polres, Kodim, Satpol PP, BPBD dan Relawan. Bupati Demak HM. Natsir dalam sambutan apelnya mengatakan “untuk melawan wabah corona dalam upaya mencegah penyebaran virus perlu penanganan serius. Saya berterima kasih pada pihak Polri dan TNI dalam hal ini Polres dan Kodim yang selalu bersinergi dengan Pemkab untuk menanggulangi dan meminimalisir penyebaran virus corona”, kata Bupati.

    Selanjutnya bupati didampingi forkopimda melepas pasukan bersama armada untuk melakukan penyemprotan di beberapa titik yang dianggap rentan penularan. Adapun rute penyemprotan dan armada meliputi Mobil DAMKAR
    pendopo – jl kyai singkil – jl bhayangkara – jl pemuda – depan pasar bintoro – jalur kracaan – betengan – kadilangu – jebor – mranak – cabean – kracaan – dan kembali ke pendopo.
    Mobil sabhara Pendopo – mengitari alun simpang enam – jl sultan fatah – toko pojok – jl sultan fatah arah terminal – jogoloyo – wonosalam hingga desa Karangrejo.

    Mobil BPBD dengan 2 armadanya meliputi
    Pendopo – jl kyai singkil – jl bhayangkara – perum RSS – jl hadiwijaya – perempatan KONI – ds. Donorejo – kiri arah desa kali kondang – kembali ke demak. Dan satu armada lagi jalur Pendopo – pertigaan BPD lama – arah petengan – singorejo – ds. kali cilik – TMP – arah pendopo demak. (Ren/bib/aww/ipg)

  • Berita,  Bidang 1,  Bidang 2,  Bidang 3

    Cegah Covid-19 Dinas Lingkungan Hidup Bagikan Masker dan Hand Sanitizer untuk Para Pegawai

    Tingginya angka korban Virus Corona yang semakin hari semakin meningkat menyadarkan kita untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona. Beragam sosialisasi dan imbauan pemkab diharapkan menjadikan kita sadar untuk turut berpartisipasi mencegah penyebaran virus corona.

    Pada hari Senin, tanggal 30 Maret 2020 (30/03/20) bertempat di Laboratorium PKLH Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak melaksanakan pembagian Masker dan Hand Sanitizer bagi Karyawan & Karyawati Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak dalam rangka mengantisipasi Corvid 19, terutama rekan-rekan pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak yang melaksanakan pekerjaannya di lapangan yang berhadapan langsung dengan Sampah.

    Hal ini bertujuan untuk supaya rekan-rekan pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak tetap menjaga kebersihan dan kesehatannya sehingga tidak tertular virus Covid-19.