• Berita,  Bidang 2

    Pelayanan Konsultasi Izin TPLB3 PT. Woodland

    Limbah B3 adalah sisa suatu usaha dan/atau kegiatan yang mengandung B3. Bahan Berbahaya yang selanjutnya disingkat B3 adalah zat, energi, dan/atau komponen lain yang katena sifat, konsentrasi, dan/atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mencemarkan dan/atau merusak lingkungan hidup dan/atau membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, serta kelangsungan hidup manusia dan makhluk lain. Penyimpanan Limbah B3 adalah kegiatan menyimpan Limbah B3 yang dilakukan oleh penghasil limbah B3 dengan maksud menyimpan sementara Limbah B3 yang dihasilkan.

    Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak melaksanakan Konsultasi Izin TPLB3 di PT. Woodland melalui OSS dilaksanakan pada Selasa tanggal 07 Juli 2020 di Ruang Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak.

    Adapun dasar hukum adalah sebagai berikut :

    1. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
    2. Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun.
    3. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik.
    4. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.95/MENLHK/SETJEN/KUM.1/11/2018 tentang Perizinan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun Terintegrasi dengan Izin Lingkungan melalui Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik.
    5. Peraturan Bupati Demak Nomor 15 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemeriksaan dan Penilaian Dokumen Lingkungan Hidup Serta Penerbitan Izin Lingkungan.

    Konsultasi Izin TPLB3 di PT. Delta Dunia Sandang melalui OSS di wakili oleh Penanggung Jawab Pengelola Limbah Perusahaan PT. Woodland di Ruang Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak dengan Kasi Pengawasan Limbah B3 (Kuswati, SKM, M.Kes).

    Konsultasi Izin TPLB3 di PT. Woodland melalui OSS ini untuk mengurus izin TPLB3 dari PT. Woodland diantaranya :

    • Persiapan persyaratan administrasi pengajuan izin
    • Persiapan TPLB3 sesuai aturan perundangan yang berlaku
    • Koordinasi dan Konsultasi dengan lembaga OSS Kabupaten Demak

    Diharapkan dengan adanya Konsultasi Izin TPLB3 di PT. Delta Dunia Sandang melalui OSS semua Perusahaan (tidak hanya PT.Delta Dunia Sandang) wajib mengelola Limbah B3 yang dihasilkan dengan memiliki TPS  Limbah B3 yang berizin dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak, dan Semua Perusahaan wajib melaporkan kegiatan pengelolaan Limbah B3 setiap tiga bulan/ tri wulan.

  • Berita

    Dinas Lingkungan Hidup Lakukan Pengambilan Sampah COVID-19 Hari Ketigapuluh Enam

    Pada hari ini Selasa, 7 Juli 2020 (07/07/20) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak melaksanakan Pengambilan Sampah COVID-19 yang berada di Wisma Khasanah dan BKPP.

    Sama seperti hari sebelumnya, hari ini Dinas Lingkungan Hidup mengirimkan 4 petugas dari masing-masing bidang dan 1 pengawas untuk memantau kegiatannya agar terlaksana dengan baik dan sesuai SOP COVID-19.

    Pada pengambilan sampah COVID-19 petugas pengambil sampah mengenakan APD serta melaksanakan protokoler sehingga diharapkan tidak tertular.

    Adapun giat Pengambilan Sampah Limbah B3 Potensial Covid 19, pada hari Selasa, 7 Juli 2020, oleh Karyawan Dinas LH Kab Demak, dengan jumlah karyawan yg di karantina sebanyak 34 orang, dengan rincian sebagai berikut :

    1. Wisma Khasanah pasien yang di karantina sebanyak 11 orang, dengan rincian = 7 laki-laki & 4 perempuan
    2. BKPP dengan pasien yang di karantina sebanyak 23 orang, dengan rincian = 5 laki-laki & 18 perempuan ;
    3. Sampah Potensian Covid yang diperoleh pada :
      Selasa, 7 Juli 2020 sebanyak 123,65 Kg
  • Berita,  Bidang 3

    Dinas Lingkungan Hidup Hadiri Pelaksanaan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2020

    Selasa, 7 Juli 2020 (07/07/20) bertempat di Bumi Perkemahan Regaloh, Desa Regaloh, Kecamatan Tlogowungu, Pati, Dinas Lingkungan Hidup yang diwakili oleh Kepala Seksi Pengendalian Kerusakan Lingkungan beserta staf menghadiri undangan dari DLHK Prov. Jateng Cabang Dinas Kehutanan Wilayah II dalam rangka upaya mencegah penyebaran COVID-19 serta dalam meningkatkan kewaspadaan, kesiapsiagaan serta antisipasi kebakaran hutan dan lahan di musim kemarau tahun 2020.

    Dalam kegiatan ini sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 Dinas Lingkungan Hidup tetap menjaga protokol kesehatan dengan membawa masker serta menjaga jarak.