Berita,  Bidang 3

PERSIAPAN MANGUNAN LOR MENUJU KAMPUNG IKLIM

(foto : Desa Mangunan Lor, Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak)

Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi GRK serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Komponen utama proklim adalah Adaptasi dan Mitigasi dimana masing-masing komponen memiliki kegiatan meliputi :

Adaptasi

  1. Pengendalian Kekeringan, banjir dan longsor
  2. Peningkatan ketahanan pangan
  3. Penanganan atau Antisipasi Kenaikan Muka Laut, Rob, Intrusi Air Laut, Abrasi, Ablasi atau Erosi Akibat Angin, Gelombang Tinggi
  4. Pengendalian Penyakit terkait Iklim

Mitigasi

  1. Pengelolaan Sampah, Limbah Padat dan Cair
  2. Penggunaan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi
  3. Budidaya Pertanian Rendah Emisi GRK
  4. Peningkatan Tutupan Vegetasi
  5. Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan

Setiap Tahun, DLHK Provinsi Jawa Tengah melakukan kegiatan asistensi pendaftaran Proklim bagi Dinas Lingkungan Hidup se- Kabupaten/ Kota Se-Jawa Tengah untuk mendaftarkan minimal setingkat RW/Dusun/Dukuh dan maksimal  Desa sebagai Kampung Proklim. Tahun 2019, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak mendaftarkan 1 lokasi yaitu RW 01 Desa Mangunan Lor Kecamatan Kebonagung sebagai peserta Proklim. Pemilihan Lokasi dikarenakan di RW 01 Desa mangunan termasuk desa yang telah melakukan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim dengan baik dan memiliki “Kampung Sejahtera” yang didalamnya terdapat berbagai potensi unggulan  di bidang pengelolaan lingkungan yang juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat diantaranya memiliki Bank Sampah “ Kampung Sejahtera”, Sentra pembuatan kerajinan dari limbah plastik, Pembuatan Pot bunga dari limbah kain bekas, Pembuatan Brownis, dan memiliki berbagai jenis tanaman hias yang tersebar di sepanjang jalan yang memperindah kampung yang dapat meningkatkan nilai pariwisata.

Pembinaan Persiapan Proklim dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak berkoordinasi dengan Kecamatan Kebonagung dan Pemerintah Desa Mangunan Lor pada hari Selasa, 18 Juni 2019 untuk meninjau seberapa jauh persiapan yang telah dilakukan  di RW 01 sebagai peserta proklim. Diharapkan setelah kegiatan pembinaan ini, persiapan untuk menuju desa proklim akan bertambah baik dan mempunyai hasil yang maksimal pada proses verifikasi.

(FOTO : Pembinaan Persiapan Proklim oleh DLH Kab. Demak, Kecamatan Kebonagung)

 

Credit : http://ditjenp pi.menlhk.go.id/kcpi/index.php/aksi/proklim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *