Berita,  Foto Kegiatan,  Galeri

Kegiatan Bank Sampah di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak

(foto : Kegiatan Bank Sampah di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak)

Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah. Bank sampah dikelola menggunakan sistem seperti perbankkan yang dilakukan oleh petugas sukarelawan. Penyetor adalah warga/karyawan yang tinggal di sekitar lokasi bank sebagai contoh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak.

Sampah yang semakin banyak tentu akan menimbulkan banyak masalah, sehingga memerlukan pengolahan seperti membuat sampah menjadi bahan yang berguna. Pengelolaan sampah dengan sistem bank sampah ini diharapkan mampu membantu pemerintah dalam menangani atau bahkan mengurangi jumlah sampah yang berada di Kabupaten Demak.

(foto : Kegiatan Bank Sampah di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak)

Dalam meningkatkan kesadaran akan lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Demak dan Bank Sampah mengadakan acara penimbangan sampah ke pengepul sampah untuk ditimbang pada hari Rabu (26/06/19). Dalam acara ini, Kepala DLH mengajak para karyawan untuk mengumpulkan sampah ke pengepul sampah untuk ditimbang, Bank Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak diadakan setiap hari rabu.

Bank Sampah di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak diadakan setiap hari rabu pada minggu tertentu. Tujuan dari Bank Sampah di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak diharapkan sampah di kantor (terutama yang tidak terpakai) dapat mengurangi jumlah sampah di kantor dan menciptakan suasana yang asri dan bersih sehingga tercipta suasana kantor yang nyaman untuk para karyawan lebih giat bekerja. Selain itu setiap orang mengumpulkan 2 botol ecobrick untuk dijadikan sebagai wujud kreasi dan kreativitas karyawan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak.

Bank Sampah adalah suatu strategi penerapan 3R dalam pengelolaan sampah di tingkat masyarakat terutama karyawan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak, dengan menyamakan kedudukan sampah serupa dengan uang atau barang berharga yang dapat ditabung. Banyak manfaat yang akan didapat dengan adanya Bank Sampah, diantaranya adalah masyarakat terutama karyawan Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Demak dapat terdidik untuk menghargai sampah sesuai jenis dan nilai sehingga mereka mau memilah sampah. Selain itu, Bank Sampah juga dapat memberikan kesempatan kerja dan penghasilan tambahan dari tabungan di Bank Sampah, dan menuju pada tujuan utama yaitu terwujudnya pembangunan lingkungan yang bersih dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *