Berita,  Bidang 2,  Foto Kegiatan

Kunjungan Kepala Desa Kedunguter, Kecamatan Karangtengah dan Desa Brumbung, Kecamatan Mranggen

(foto : Kegiatan Kunjungan Kepala Desa Kedunguter, Kecamatan Karangtengah dan Desa Brumbung, Kecamatan Mranggen)

Sampah adalah permasalahan yang sangat serius di daerah yang padat penduduknya seperti di Desa Kedunguter, Kecamatan Karangtengah dan Desa Brumbung, Kecamatan Mranggen ini. Sampah menjadi masalah serius di Desa Kedunguter, Kecamatan Karangtengah dan Desa Brumbung, Kecamatan Mranggen yang belum paham betul cara pengolahan sampah yang baik. Kebanyakan masyarakat di Desa Kedunguter, Kecamatan Karangtengah dan Desa Brumbung, Kecamatan Mranggen membuang sampah dengan cara tradisional yaitu dengan membuang ke sungai atau dibakar. Begitu pula sampah yang juga tidak diolah. Akibatnya beberapa sungai yang melintasi Desa Kedunguter, Kecamatan Karangtengah dan Desa Brumbung, Kecamatan Mranggen sering tersumbat oleh sampah-sampah tersebut dan berbau.

Pada rabu tanggal (26/06/19) Kepala Desa Kedunguter, Kecamatan Karangtengah dan Desa Brumbung, Kecamatan Mranggen, dan tokoh masyarakat yang peduli lingkungan berkunjung ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak bagaimana mengelola sampah yang baik dan benar. Bertempat di Lingkungan perum Griya RT 06 RW 07, Mangunjiwan, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak Dinas Lingkungan Hidup mengajak Kepala Desa Kedunguter, Kecamatan Karangtengah dan Desa Brumbung, Kecamatan Mranggen untuk mencontoh sebagai desa yang mampu mengelola sampah dengan baik. Untuk sampah organik (sisa makanan) dapat diproses menjadi komposter dan pupuk, sedangkan untuk sampah anorganik bias dijual lewat bank sampah atau dimanfaatkan kembali menjadi bahan berguna atau bias juga bernilai seni.

Kepala Desa Kedunguter, Kecamatan Karangtengah dan Desa Brumbung, Kecamatan Mranggen, dan tokoh masyarakat yang peduli lingkungan tergerak untuk mengatasi permasalahan tersebut dan ingin menciptakan Desa Kedunguter, Kecamatan Karangtengah dan Desa Brumbung, Kecamatan Mranggen yang bersih, ramah lingkungan, sehat, nyaman. Diharapkan kalau di semua Desa mau mengelola sampah (terutama sampah rumah tangga) tidak terjadi penumpukkan sampah yang mengganggu lingkungan terutama di Kabupaten Demak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *