Berita,  Bidang 3

Verifikasi Lapangan Lomba Program Kampung Iklim (Proklim) Kampung Sejahtera Desa Mangunanlor, Kebonagung

Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat. Untuk melakukan adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca yang telah dilakukan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Pelaksanaan Proklim mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 84 tahun 2016 tentang Program Kampung Iklim, dimana di dalamnya terkandung komponen utama, syarat pengusulan, penilaian dan kategori Proklim. Dalam pertauran menteri tersebut juga disinnggung bahwa Proklim dapat dikembangkan dan dilaksanakan pada wilayah administratif paling rendah setingkat RW atau dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan atau desa.

Verifikasi lapangan lomba program iklim (proklim) di Kampung Sejahtera Desa Mangunan Lor RT 01 RW 01 dilaksanakan pada selasa tanggal (09/07/19) yang dilakukan oleh Kementrian LHK RI, Dinas LHK Provinsi Jawa Tengah, sedangkan, dari desa diampu oleh Kecamatan Kebonagung, Pemerintah Desa Mangunan Lor, dan tokoh lingkungan.

Verifikasi lapangan lomba program iklim (proklim) di Kampung Sejahtera Desa Mangunan Lor RT 01 RW 01 ini untuk memastikan semua komponen kriteria penilaian lomba kampung iklim sesuai dengan kondisi di wilayah kampung sejahtera sesuai aplikasi SRN-PPI (Sistem Registri Nasional – Pengendalian Perubahan Iklim).

Pada verifikasi lapangan lomba program iklim (proklim) di kampung sejahtera Desa Mangunan Lor Rt 01 Rw 01 dimulai penyambutan tamu, paparan proklim Kampung Sehat dari tokoh lingkungan, kemudian prakata/prolog dengan maksud dan tujuan penilaian proklim secara nasional khususnya di kampung sejahtera, verifikasi lapangan terdiri dari :

  • Peninjauan embung Desa Mangunan Lor digunakan sebagai sumber air minum (pamsimas)
  • Peninjauan lapangan perikanan (budi daya) ikan dengan sistem bioflok
  • Peninjauan kegiatan wirausaha kerajinan daur ulang limbah anorganik berupa tas dan gantungan kunci
  • Produksi telur asin rempah-rempah
  • Produksi makanan olahan dari labu
  • Sumber pangan lokal

Pertanian organik terpadu, taman tradisional, bank sampah, pkk kerajinan pot dari limbah kain

Kedepannya, diharapkan berbagai wilayah dapat berkontribusi dalam aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim melalui Proklim. Selanjutnya, kegiatan tersebut akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *