Berita,  Bidang 2,  Izin Tempat Pengumpulan dan/atau Penyimpanan Sementara Limbah B3

Pembinaan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (Limbah B3) di PT. Karya Cipta Unggul Nusantara (PT.KCUN)

Limbah B3 adalah sisa suatu usaha dan/atau kegiatan yang mengandung B3. Bahan Berbahaya yang selanjutnya disingkat B3 adalah zat, energi, dan/atau komponen lain yang katena sifat, konsentrasi, dan/atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mencemarkan dan/atau merusak lingkungan hidup dan/atau membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, serta kelangsungan hidup manusia dan makhluk lain. Penyimpanan Limbah B3 adalah kegiatan menyimpan Limbah B3 yang dilakukan oleh penghasil limbah B3 dengan maksud menyimpan sementara Limbah B3 yang dihasilkan.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak melaksanakan Pembinaan Pengelolaan Limbah B3 di PT. Karya Cipta Unggul Nusantara (PT.KCUN). PT. Karya Cipta Unggul Nusantara (PT.KCUN) merupakan kelompok Industri: Molding & komponen bahan bangunan yang beralamatkan di Jl.raya Smg Demak Km.16. Pembinaan Pengelolaan Limbah B3 di PT. Karya Cipta Unggul Nusantara (PT.KCUN) dilaksanakan pada tanggal kamis (11/07/2019) di PT. Karya Cipta Unggul Nusantara (PT.KCUN).

Adapun dasar hukum adalah sebagai berikut :

  1. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun.
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik.
  4. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.95/MENLHK/SETJEN/KUM.1/11/2018 tentang Perizinan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun Terintegrasi dengan Izin Lingkungan melalui Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik.
  5. Peraturan Bupati Demak Nomor 15 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemeriksaan dan Penilaian Dokumen Lingkungan Hidup Serta Penerbitan Izin Lingkungan.

Pembinaan Pengelolaan Limbah B3 di PT. Karya Cipta Unggul Nusantara (PT.KCUN) dilaksanakan antara Kasi Pengawasan Limbah B3 (Kuswati, SKM, M.Kes) dengan penanggung jawab Limbah B3 PT. Karya Cipta Unggul Nusantara (PT.KCUN). Sedangkan tujuan pembinaan Pengelolaan Limbah B3 di PT. Karya Cipta Unggul Nusantara (PT.KCUN) adalah dalam rangka proses pengurusan izin pengelolaan Limbah B3 melalui OSS. PT. Karya Cipta Unggul Nusantara (PT.KCUN) telah mempunyai tempat penyimpanan Limbah B3 yang selanjutnya diurus izin melalui proses OSS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *