Berita,  Bidang 2,  Izin Tempat Pengumpulan dan/atau Penyimpanan Sementara Limbah B3

Konsultasi Izin Tempat Penyimpanan Limbah B3 melalui OSS Klinik Harapan Kasih, Mlaten

Limbah B3 adalah sisa suatu usaha dan/atau kegiatan yang mengandung B3. Bahan Berbahaya yang selanjutnya disingkat B3 adalah zat, energi, dan/atau komponen lain yang katena sifat, konsentrasi, dan/atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mencemarkan dan/atau merusak lingkungan hidup dan/atau membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, serta kelangsungan hidup manusia dan makhluk lain. Penyimpanan Limbah B3 adalah kegiatan menyimpan Limbah B3 yang dilakukan oleh penghasil limbah B3 dengan maksud menyimpan sementara Limbah B3 yang dihasilkan.

Bertempat di Ruang Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak Pimpinan Klinik Harapan Kasih Mlaten bertemu dengan Kasi Pengawasan Limbah B3 (Kuswati, SKM, M.Kes) untuk berkonsultasi izin tempat penyimpanan limbah B3 melalui OSS pada tanggal 23 Juli 2019.

Adapun dasar hukum adalah sebagai berikut :

  1. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun.
  3. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2015 tentang Tata Cara dan Persyaratan Teknis Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan.
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik.
  5. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.95/MENLHK/SETJEN/KUM.1/11/2018 tentang Perizinan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun Terintegrasi dengan Izin Lingkungan melalui Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik.
  6. Peraturan Bupati Demak Nomor 15 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemeriksaan dan Penilaian Dokumen Lingkungan Hidup Serta Penerbitan Izin Lingkungan.
  7. Peraturan Bupati Demak Nomor 21 Tahun 2017 tentang Tata Cara Penerbitan Izin Pembuangan Air Limbah dan Izin Tempat Penyimpanan Sementara Limbah bahan Berbahaya dan Beracun di Kabupaten Demak.

 

Adapun konsultasi Pimpinan Klinik Harapan Kasih Mlaten dengan Kasi Pengawasan Limbah B3 (Kuswati, SKM, M.Kes) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak adalah sebagai berikut :

  • Menyiapkan persyaratan administrasi perizinan TPLB3 (Tempat Penyimpanan Limbah B3) melalui OSS.
  • Persiapan bangunan TPLB3 (Tempat Penyimpanan Limbah B3).
  • Proses pengjuan izin melalui OSS.

Diharapkan dengan diadakannya Pembinaan Pengelolaan LB3 RSUD Sunan Kalijaga Demak, semua Puskesmas, Rumah Sakit dan Klinik wajib mempunyai Dokumen Lingkungan. Semua Puskesmas, Rumah Sakit dan Klinik mengelola Limbah B3 yang dihasilkan dengan memiliki TPS yang berizin dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak, dan Semua Puskesmas, Rumah Sakit dan Klinik wajib melaporkan kegiatan pengelolaan Limbah B3 setiap tiga bulan/ tri wulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *