Berita,  Bidang 2,  Izin Tempat Pengumpulan dan/atau Penyimpanan Sementara Limbah B3

Verifikasi Lapangan PT. Sayung Adhimukti

Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun yang selanjutnya disebut Limbah B3 adalah sisa suatu usaha dan/atau kegiatan yang mengandung B3. Bahan Berbahaya dan Beracun yang selanjutnya disingkat B3 adalah zat, energi, dan/atau komponen lain yang karena sifat, konsentrasi, dan/atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan dan/atau merusak lingkungan hidup, dan/atau membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, serta kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lain.

Penyimpanan Limbah B3 adalah kegiatan menyimpan Limbah B3 yang dilakukan oleh Penghasil Limbah B3 dengan maksud menyimpan sementara Limbah B3 yang dihasilkannya.

Adapun dasar hukum adalah sebagai berikut :

  • Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (Lembaran Negara Tahun 2009 Nomor 140, Tambahan Lembaran Negara Nomor 5059).
  • Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 333)
  • Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan dan Penilaian Serta Pemeriksaan Dokumen Lingkungan Hidup dalam Pelaksanaan Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.
  • Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 95 Tahun 2018 tentang
  • Perizinan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya Dan Beracun
    Terintegrasi Dengan Izin Lingkungan Melalui Pelayanan Perizinan
    Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

Bertempat di PT. Sayung Adhimukti Kasi Pengawasan Limbah B3 (Kuswati, SKM, M.Kes) dan Staf dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak melakukan verifikasi lapangan terkait izin TPLB3.

PT. Sayung Adhimukti yang beralamat di Jl. Raya Semarang-demak Km 9 No. 2 Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak merupakan perusahaan komoditas penyamakan kulit yang memproduksi alas kaki untuk keperluan sehari-hari, Kamis (22/08/19).

Adapun verifikasi lapangan ini bertujuan untuk proses rekomendasi perizinan TPLB3 di PT. Sayung Adhimukti meskipun pada kenyataannya PT. Sayung Adhimukti belum siap seluruhnya. Adapun pada tahapan verifikasi ini TPS limbah B3 meliputi bangunan, sarana, penempatan limbah B3 sesuai dengan jenis dan karakteristiknya. Diharapkan Penyimpanan Limbah B3 adalah “ Mencegah terlepasnya limbah B3 ke lingkungan sehingga potensi bahaya terhadap manusia & lingkungan dapat dihindarkan ” .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *