Berita

Desa Mangunan Lor Kecamatan Kebonagung Mendapatkan Penghargaan Desa Proklim 2019

Provinsi Jawa Tengah meraih 13 penghargaan di bidang pengendalian perubahan iklim. Penghargaan diberikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar pada puncak acara Festival Iklim di Auditorium Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Selasa (2/10/2019).

Rincian 13 penghargaan tersebut meliputi 5 trofi penghargaan pelaksana Proklim kategori Proklim Utama, 7 penghargaan bagi bupati/wali kota di Jateng yang sukses sebagai pembina Proklim.

Kemudian, Provinsi Jawa Tengah yang meraih penghargaan sebagai provinsi terbaik yang melaporkan hasil inventarisasi gas rumah kaca pada periode pelaporan tahun 2018.

Lima lokasi kampung iklim yang memperoleh penghargaan yakni Desa Banyuroto, Kabupaten Magelang; Dusun Welahan, Desa Wonoroto Wonosobo; Desa Sinangoh Prendeng, Kabupaten Pekalongan; Desa Gondang, Kabupaten Kendal; dan RW 001 Desa Mangunan Lor, Demak.

Proklim merupakan salah satu program yang digagas Kementerian LHK sejak 2012. Program ini didesain untuk meningkatkan ketangguhan masyarakat dalam melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Kampung iklim merupakan lokasi yang telah menerapkan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim seperti pengurangan sampah plastik melalui bank sampah, perilaku 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

credit : https://jateng.tribunnews.com/2019/10/02/jawa-tengah-raih-13-penghargaan-pengendalian-perubahan-ikilm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *