Berita,  Bidang 2

Pembinaan Pengelolaan Limbah B3 RS Pelita Anugerah Mranggen

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak yang diwakili oleh Kasi Pengawasan Limbah B3 (Kuswati, SKM, M.Kes) dan Staf melaksanakan Kegiatan Pembinaan Pengelolaan Limbah B3 yang dilaksanakan pada senin (14/10/19) di RS Pelita Anugerah, Mranggen.

Dalam kegiatan tersebut disampaikan bahwa Pengelolaan Limbah B3 sudah harus mengikuti prinsip-prinsip dan ketentuan yang sudah tercantum dalam perundang-undangan yang berlaku.

Prinsip Pengelolaan Limbah B3 yang dilakukan adalah dimulai sejak Limbah B3 dihasilkan sampai dengan dilakukan pengelolaan pada Fasilitas Akhir Pengelolaan. Kegiatan Pengelolaan Limbah B3 harus dilakukan secara benar, tepat dan sesuai dengan ketentuan teknis yang diatur. Untuk itu setiap kegiatan Pengelolaan Limbah B3 wajib dilengkapi dengan Izin Pengelolaan Limbah B3 yang merupakan Instrumen Administratif Preventif dalam Pengelolaan Limbah B3.

Kualitas lingkungan hidup yang semakin menurun telah mengancam keberlangsungan perikehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya sehingga perlu dilakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang merupakan upaya sistematis dan terpadu yang dilakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup yang meliputi perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan dan penegakan hukum. Dalam kegiatan tersebut diharap agar pelaku usaha memahami dan melaksanakan semua ketentuan yang telah diatur dalam peraturan perundangan, untuk menjamin keutuhan lingkungan hidup serta keselamatan, kemampuan, kesejahteraan dan mutu hidup generasi masa kini dan generasi masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *