Berita,  Bidang 1,  Bidang 2,  Bidang 3

Dinas Lingkungan Hidup Lakukan Kerja Bakti Dalam Rangka Peringatan HUT KORPRI, PGRI, dan Hari Guru Nasional

Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Demak laksanakan kerja bhakti bersih sungai, Jum’at (15/11). Dibantu oleh jajaran TNI/Polri, ASN Demak resik-resik di beberapa sungai yang melintasi wilayah Kabupaten Demak. Yakni Sungai Pelayaran, Sungai tuntang Lama dan Sungai/Kali Es.

Kepala Dinas Lingkungan hidung (DinLH) Kabupaten Demak, Drs Agus Musyafak menyampaikan, tujuan utama dari kegiatan ini adalah sebagai salah satu upaya melestarikan lingkungan. “Kita hidup, makan, minum dan berkarya di bumi Kota Wali. Maka, sudah sepatutnya kita menjaga dan melestarikan lingkungan. Salah satunya adalah melalui kerja bhakti”.

Menurutnya, sungai dipilih menjadi fokus utama dalam kegiatan kerja bhakti ini mengingat Kabupaten Demak merupakan wilayah yang banyak dilalui oleh banyak sungai. “Kabupaten Demak merupakan salah satu daerah yang dilintasi banyak sungai besar. Jika tidak dijaga kebersihannya, maka bisa menjadi penyebab banjir. Tentunya kita tidak ingin hal tersebut terjadi”.

Hal senada disampaikan Wakil Bupati Demak, saat memimpin apel kerja bhakti. Drs. Djoko Sutanto menuturkan bahwa sebagai wilayah hilir, masyarakat Kabupaten Demak harus bisa menjaga kebersihan sungai. “Sekarang, hanya dalam hitungan jam saja, aliran air dari hulu sudah sampai ke Demak. Jika alirannya terhambat, tentunya bisa menyebabkan banjir. Maka, masyarakat Demak wajib hukumnya menjaga kali yang ada.”
Beliau pun mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai. Mengingat beberapa sungai yang ada di Kabupaten Demak menjadi bahan baku PDAM Demak.

Orang nomor dua di Kabupaten Demak itu pun mengajak seluruh ASN Demak untuk menjadi pelopor kebersihan. “ASN adalah contoh masyarakat. Maka, harus bisa menjadi teladan. Saya berharap resik-resik kali ini bisa dilakukan secara berkelanjutan dan dicontoh masyarakat. Yen kaline resik, urip e yo bakal becik”, pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *