Berita,  Bidang 2

Pendampingan Pembinaan Pengelolaan Limbah B3 dari DLHK Provinsi Jawa Tengah di PT Bintoro Madani Sejahtera

Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) tidak dapat begitu saja ditimbun, dibakar atau dibuang ke lingkungan karena mengandung bahan yang dapat membahayakan manusia dan makhluk hidup lain. Limbah ini memerlukan cara penanganan yang lebih khusus dibanding limbah yang bukan B3. Limbah B3 perlu diolah, baik secara fisik, biologi, maupun kimia sehingga menjadi tidak berbahaya atau berkurang daya racunnya. Setelah diolah limbah B3 masih memerlukan metode pembuangan yang khusus untuk mencegah resiko terjadi pencemaran.

Pada hari selasa (14/01/20) bertempat di PT Bintoro Madani Sejahtera Bakung, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak, Kasi Pengawasan Limbah B3 beserta staf mendampingi Dinas Lingkungan Hidupan dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah melaksanakan pembinaan pengelolaan limbah B3 untuk pemanfaatan limbah B3 di PT Bintoro Madani Sejahtera.

PT Bintoro Madani Sejahtera merupakan perusahaan pemanfaatan limbah B3 yang sudah mendapatkan izin operasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI). PT Bintoro Madani Sejahtera bekerja sama dengan transporter dan penghasil limbah B3 yang berada di Demak dan sekitarnya sehingga PT Bintoro Madani Sejahtera dapat melayani perusahaan yang berada di Indonesia. Adapun jenis pemanfaatan dari PT Bintoro Madani Sejahtera yaitu Fly Ash dan Bottom Ash, sedangkan produk yang dihasilkan antara lain : panel beton dan patok batas tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *