Cara Mudah Bikin sendiri Pot hidroponik

bikin Pot Hidroponik dari Botol aqua

  1. Pergunakan gergaji atau pisau, Potonglah botol plastik disekitar bagian tengah agak keatas.

Badan botol bawah digunakan sebagai wadah penampung air, sedangkan bagian atas/leher botol dan tutupnya nanti dibalik – dipakai untuk wadah tanah dan akar tanaman.

2. Pergunakan paku, Buatlah 5 lubang pada tutup botol.

Lubang ini nantinya di perlukan agar air didasar badan botol dapat naik ke atas dan senantiasa membuat tanah menjadi lembab dan subur.
3. Buat pula 4 lubang dibagi sama rata melingkar pada bagian leher botol.

– Lubang ini bermanfaat untuk meneteskan air keluar air bila tanah terlalau basah, sehingga mencegah akar busuk akibat terlalu banyak kandungan

Pesan Sponsor

bikin sendiri Pot Hidroponik dari Botol aqua Bekas

air.

– Lubang ini sekaligus sebagai jalan lewatnya air mengisi dasar botol saat tanaman disiram.

  1. Sekarang, balik bagian leher botol dan masukkan ke dalam badan botol satunya.

Dari situ terlihat tutup botol masih ada jarak dengan dasar botol, kemudian berilah tanda titik pada bagian luar badan botol dengan level/ketinggian sekitar 5 cm diatas tutup botol.

Kreatif - Membuat Pot Hidroponik dari Botol Plastik Bekas

  1. Buat 4 lubang sekeliling badan botol pada posisi yang sudah di tandai titik tersebut dengan jarak antar lubang yang sekiranya sama.

Lubang ini bermanfaat sebagai Over Flow, yaitu untuk membuang kelebihan air dalam badan botol, ini artinya … level air dalam badan botol tidak akan melebihi lubang over flow tersebut, jika tidak ada lubang ini maka air akan menggenang sampai tinggi dan malah dapat mematikan tanaman akibat overload air.

  1. Saatnya mengisi dengan tanah dan pupuk seperlunya beserta tanaman kesukaan sesuai kebutuhan.
  2. Silakan cat pot baru tersebut bila perlu, terutama cat warna gelap agar bagian dalam lebih terjaga kelembabannya meski terpapar sinar matahari … misalnya cat warna hitam, hijau, biru, merah atau lainnya.

Diharapkan dapat menjadi kreatifitas para sobat  di rumah, di kantor, baik untuk kebun maupun pekarangan rumah. Beberapa pot hydropnic tersebut dapat pula di gantung-gantung berjajar dengan level berbeda untuk menambah keindahan dan segarnya mata memandang.

pot gantung botol aqua bekas

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *